Selasa, 08 Februari 2011

ISTILAH DALAM DUNIA IT CATEGORY C


*
Cybersquatting
Kegiatan yang dilakukan dalam pembelian suatu domain di internet, dimana domain tersebut memiliki penulisan mirip dengan nama perusahaan, nama orang, nama produk dan lain lain. Kemudian sang pembeli domain tersebut menjualnya dengan harga tinggi kepada mereka yang berkaitan dengan nama domain tersebut.
*
Crash
Suatu keadaan dimana computer berhenti bekerja, karena kondisi yang tidak bisa dihandle oleh komputer itu sendiri.
*
Cracker
Terjemahan bebas: pembobol. Orang yang mampu menembus kode dank ode kunci (password) serta memecahkan sistem security tanpa izin atau secara tak beretika.
*
Coding
Tahapan menterjemahkan data atau pemecahan masalah yang telah dirancang ke dalam bahasa pemrograman komputer yang telah ditentukan.
*
Codec
Merupakan sistem pengkodean untuk transmisi digital. 
*
Clip Art
Ganbar foto dalam bentuk digital, biasanya yang telah disediakan oleh sistem yang digunakan. Namun demikian, clip art ini juga bisa diimport dari dokumen lain yang sejenis dan disuport oleh sistem tersebut.
*
Client Server
Model jaringan yang memisahkan secara jelas, mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan mana yang hanya menerima layanan (client).
*
Client
Di dalam komputer jaringan, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh computer lainnya, yang disebut server. Juga merupakan sebuah aplikasi atau proses yang meminta pelayanan dari komponen atau proses lainnya. Adanya client ini, memudahkan koneksi ke komputer server dan mengatur serta menjaga hubungan dari sumber daya lainnya.
*
Cisco Sytsem
Nama produk yang diproduksi oleh Cisco System Inc. Perusahaan pembuat berbagai jenis perangkat jaringan dan networking seperti router, gateway dan lain sebagainya.
*
Chipset
Kumpulan mikrochip yang berada dalam bus PCI (Peripheral Component Interconnet) dan ISA (Industry Standard Architechture) berkomunikasi tanpa melibatkan CPU. Perangkat ini dapat berdiri sendiri tanpa membebani prosesor di dalam CPU, sehingga prosesor bisa melakukan tugas-tugas lain. Chipset PC dapat menjadi penghubung elektronik semua subsistem.
*
Chatting
Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.
*
Chat Room
Ruang untuk berdiskusi secara online umumnya dengan modus teks.
*
Central Processing Unit
Unit Pusat Pemrosesan. Biasanya disebut juga dengan otak dari komputer itu sendiri. CPU juga dikenal sebagai pemroses atau mikroprosesor. Umumnya CPU diartikan sebagai kotak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada prosesor yang terpasang dalam sebuah sistem komputer.
*
Cellular
Di dalam bidang telekomunikasi, istilah ini diartikan pembagian daerah berdasarkan jangkauan sinyal dari stasiun pemancar ke pesawat penerima. Misalnya dalam teknologi komunikasi bergerak (handphone), bagaimana suatu daerah atau kota dapat dijangkau berdasarkan daya pancar sinyal yang ada pada Base Transceiver Station (BTS). 
*
CDMA
Singkatan dari Code Division Multiple Access.
*
CD-RW
Singkatan dari Compact Disk-Recordable and reWritable.
*
CD-ROM
Singkatan dari Compact Disk Read Only Memory.
*
CD-R
Singkatan dari CD Recordable, sedangkan alat untuk perekamnya disebut dengan Recordable Drive.
*
CD-Player
CD-Player merupakan suatu bentuk alat pemutar CD yang hanya bias membaca dan memainkan CD audio (CD musik).
*
CD ROM Drive
CD ROM Drive digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang).
*
CD Drive
Penggerak CD. Suatu drive untuk merekam atau memainkan CD. Yang paling sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-optical dan WORM (Write Once, Read Many)
*
CD
Singkatan dari Carrier Detect
Singkatan dari Compact Disk
Singkatan dari perintah Change Directory
*
Casing

Kotak komputer yang berisi prosesor, motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-komponen lainya.


*
Cartridge

Perangkat yang bisa dibongkar pasang dan bisa diganti ganti dengan alasan tertentu. Contoh cartridge ini adalah kaset, atau tempat tinta pada printer sebagai media penyimpan tinta.
*
Card slot

Celah untuk menggesekkan atau menempatkan kartu yang memiliki data sehingga data bisa yang ada pada kartu tersebut bisa dibaca oleh pembaca kartu (card reader). Jika kartu yang dimaksud adalah untuk membaca data, maka data yang ada pada kartu tersebut setelah dibaca dikirimkan ke komputer.


*
Card reader
Pembaca kartu, perangkat ini mempunyai kemampuan untuk membaca data dari suatu jenis kartu dan mengirimkannya ke komputer.
*
Caption
Dalam lingkungan pengolah kata MS-Word, perintah ini digunakan untuk menambakan keterangan pada sebuah gambar, tabel, atau obyek lainnya.
*
Caps lock
Tombol pada keyboard untuk setting huruf yang diolah apakah kapital (huruf besar) atau non kapital (huruf kecil).
*
C:
Biasanya merupakan huruf penunjuk bagi harddisk master pertama yang juga merupakan lokasi dari sistem operasi yang berbasis DOS atau Windows.
*
C++
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan dari bahasa C oleh Bjarne Stroustup dengan menambahkan kemampuan object oriented . Saat ini merupakan salah satu bahasa pemrograman popular yang digunakan untuk membuat aplikasi grafis untuk system operasi Windows dan Machintosh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar